Menjelang 3 Tahun Berada Di Negri Entah Berantah

Tak terasa sudah mendekati 3 tahun saya berada ditanah perantauan ini tepatnya di Purbalingga, Jawa Tengah. Jawa tengah sendiri memiliki dua cekungan yang potensial yaitu Cekungan Jawa Tengah Bagian Utara dan Cekungan Jawa Tengah Bagian Selatan. Secara geologi Jawa Tengah memiliki keunikan dan misteri tersendiri. Dimanakah letak keunikan dan misterinya tersebut???
marii kita lihat satu persatu.
Keunikan Jawa tengah:
1. Jawa tengah berada pada posisi transisi batuan dasar dari kerak kontinen dan akresi
2. Jawa tengah berada pada posisi transisi pola struktur Sumatra dan Meratus.
3. Jawa tengah berada pada kompleks pengangkatan batuan dasar tertua pulau jawa yang tersingkap di Lok-Ulo, Karang Sambung.
4. Tempat hilangnya rangkaian pegunungan selatan jawa berada di jawa tengah bagian selatan, membedakan langsung pegunungan Jawa timur bagian selatan dan Jawa Barat bagian selatan.
5. Tempat dimana perubahan garis busur vulkanik kuarter ke utara.
6. Tempat dimana garis pantai pulau jawa menjorok kedalam bila dibandingkan dengan garis pantai Jawa Timur dan Jawa Barat.
Semua nya itu dipengaruhi oleh Strike-slip-Foults Muria Kebumen dan Pamanukan-Cilacap dan deformasi yang terjadi selama Kapur Akhir sampai Paleogene.

Jawa tengah (khususnya pada cekungan Banyumas) juga memiliki misteri secara ilmu geologi. Misteri tersebut berupa adanya beberapa rembesan minyak dibeberapa tempat (lihat gambar) misalnya Cipari, Gunung Wetan, Prapagan, Majenang, dan Bumiayu namun belum menemukan yang cukup ekonomis. Beberapa perusahaan minyak pernah melakukan pengeboran, namun menghasilakan hasil yang tidak memuaskan. Salah satu contoh nya pengoboran yang pernah dilakukan pada sumur Jati I di Cipari, hal hasil sumur yang telah mencapai kedaaman ± 14.737 ft belum menemukan minyak. Kegiatan eksplorasi yang dilakukan didaerah ini juga tergolong sangat lah minim, tak banyak kegiatan eksplorasi yang dilakukan, sehingga patensi migas yang belum pasti, Bapak Awang Satyana menyebut daerah ini sebagai Terra Incognita, negeri antah berantah yang tidak diketahui potensi migasnya secara pasti. Sebagai mahasiswa terdekat sangat lah perlu kita lebih memahami potensi daerah sendiri. Semoga kelak bisa memahami dan mengerti tentang misteri ini. Amiiiin…

Peta oil seep
Salam…
yayageo

Sumber : Satyana, A.H, 2007. Central Java, Indonesia – A “Terra Incognita” In Petroleum Exploration:New Considerations On The Tectonic Evolution And Petroleum Implications

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s